Pada tahun 1990 Perguruan Tinggi ini didirikan oleh Ikatan Alumni Universitas Andalas dibawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Dharma Andalas (YPDA) yang  pada awalnya berbentuk Sekolah Tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dharma Andalas.  STIE Dharma Andalas menerima mahasiswa pertama kali pada tahun 1993 untuk Program Studi Diploma 3 Jurusan Akuntansi dan Program Studi Diploma 3 Jurusan Manajemen Perusahaan, kemudian di tahun 1999 baru dibuka jenjang pendidikan Strata 1 untuk Jurusan Manajemen, dan saat itu sesuai dengan standar kualitas penyelenggaraan Perguruan Tinggi semua program studi yang ada berstatus Ter-akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Depdiknas.

Awal berdiri kampus STIE Dharma Andalas berdomisili di ex- Kampus Fekon UNAND di Jln. Perintis Kemerdekaan no. 77 Padang. Terhitung tahun akademik 2008/2009 menempati gedung milik sendiri di Jl. Sawahan No. 103 Simpang Haru dan pindah lagi kekampus jati setelah 6 (enam) bulan karena gedung milik sendiri tersebut roboh sewaktu gempa Padang tahun 2009. Kampus STIE Dharma Andalas kembali ditempati setelah adanya bantuan dana hibah sebesar Rp. 10 milyar untuk  rekonstruksi gedung kampus pada tahun 2010.

Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan berdiri sejak 26 Agustus 1992 berdasarkan SK Pendirian 415/DIKTI/Kep/1992 dan setahun tepatnya bulan September 1993 penyelenggaraan Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan dimulai. Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan merupakan program pendidikan vocasional  yang melakukan fungsi pendidikan dengan mengarahkan pada bidang kompetensi keahlian khusus pengelolaan perusahaan dan bisnis dengan konsentrasi pendidikan di bidang bisnis dan Keuangan Syariah. Kurikulum dirancang dengan menitikberatkan pada matakuliah praktikum yang mendidik dan menghasilkan mahasiswa yang mempunyai kompetensi keahlian khusus dan menghasilkan lulusan professional. Lulusan Proram Studi Diploma III Manajemen Perusahaan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja profesional dan tetap berpedoman pada kurikulum nasional. Saat ini  Diploma III Manajemen Perusahaan sedang mengembangkan diri sesuai dengan paradigma baru pendidikan yang mengembangkan penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan orientasi otonomi, akuntabilitas, akreditasi, evaluasi diri dan kualitas proses secara berkesinambungan, sehingga visi dan misi dapat diwujudkan. Hingga saat ini berdasarkan data akademik jumlah mahasiswa aktif yang terdaftar pada tahun 2014/2015 adalah 229 orang mahasiswa. Mahasiswa tidak saja berasal dari Propinsi Sumatera Barat, tapi juga berasal dari propinsi lain seperti Riau, Jambi, Sumatera Utara, Bengkulu, dan beberapa mahasiswa berasal dari pulau Jawa.

Pada tahun 2014, STIE Dharma Andalas resmi berubah status menjadi Universitas dengan nama Universitas Dharma Andalas selanjutnya disebut dengan UNIDHA dengan menambah 11 (sebelas) program studi baru jenjang strata (S1) sesuai dengan SK Mendikbud RI No. 254/E/O/2014 tentang izin perubahan bentuk STIE Dharma Andalas menjadi Universitas Dharma Andalas pada tanggal 18 Juli 2014, maka resmi jumlah program studi bertambah menjadi 14 program studi dengan 6 program studi kelompok eksakta dan 8 program studi kelompok sosial. Keputusan tersebut diresmikan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diterima pihak yayasan pada tanggal 3 September 2014.

Dengan dikeluarkannya izin perubahan bentuk STIE Dharma Andalas menjadi Universitas Dharma Andalas (UNIDHA) dan sesuai dengan perubahan pada visi dan misi Institusi pada tahun 2015 maka pada tingkat Fakultas dan Program Studi (Prodi) kemudian melakukan penyesuaian terhadap visi dan misinya.